8 Macam Penyimpanan Eksternal Pada Komputer

8 Macam Penyimpanan Eksternal Pada Komputer

8 Macam Penyimpanan Eksternal Pada Komputer  | Pada postingan kali ini atau dalam artikel kali ini kami akan membagikan informasi seputar 8 Macam Penyimpanan Eksternal Komputer, dan kami harapkan sobat semua dapat memahami keseluruhan dari artikel ini.

Apa itu Penyimpanan Eksternal?
Suatu perangkat atau piranti yang dapat menyimpan data secara permanen, dan hanya akan hilang jika kita menghapus nya, kecuali terkena virus.

Berikut adalah 8 Macam Penyimpanan Eksternal Pada Komputer :

1. Pita Magnetic
Media penyimpanan yang satu ini merupakan media yang sangat jadul yang di gunakan oleh manusia, jika sobat merupakan manusia yang lahir sebelum tahun 2000, sobat pasti bertemu dengan penyimpanan yang satu ini, biasa nya penyimpanan yang satu ini digunakan untuk kaset lagu jaman dahulu, yang di putar di tape.

Berikut adalah beberapa jenis penyimpanan dengan menggunakan Pita Magnetic :
- QIC ( Quarter Inch Cartridge).
- Travan.
- DAT ( Digital Audio Tape).
- 8mm.
- Mammoth.
- Teknologi AIT.
- DLT ( Digital Linear Tape).
- Super DLT.
- Teknologi ADR.
- LTO ( Linear Tape Open).
- Teknologi VXA.
- Teknologi Penggabungan Pita Magnetic


2. Hard Disk
Siapa yang tidak mengetahui alat penyimpanan data yang satu ini, biasa Hard Disk terdapat pada komputer dan laptop, atau pada suatu peralatan elektronik yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar. Dan Hard Disk merupakan salah satu piringan magnetic yang memiliki kapasitas yang besar.

Hard Disk di bagi menjadi 2 macam :

- Hard Disk internal.
Hard Disk jenis ini biasa nya terdapat pada laptop, yang di maksud internal disini adalah yang nonremovable atau tidak bisa di lepas, hanya orang orang tertentu atau teknisi yang dapat melepas dan mengganti nya.

- Hard Disk external.
Hard Disk external adalah yang mudah untuk di ganti atau removable, biasanya Hard Disk ini terdapat pada personal komputer, atau sebagai Hard Disk tambahan pada laptop.

3. Floppy Disk
Floppy Disk atau lebih dikenal dengan nama Disket, Disket di buat bertujuan untuk mempermudah perpindahan data dengan ukuran kecil ke komputer lain nya.

4. Zip Disk
Zip Disk adalah perangkat yang tidak jauh beda dengan Disket atau Floppy Disk namun kelebihan Zip Disk adalah memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dari pada Disket.

5. Piringan Optik
Piringan Optik adalah Piringan yang dapat menampung data hingga ratusan atau bahkan ribuan kali lebih besar dibandingkan Disket, Piringan Optik sering di kenal dengan CD dan DVD.

CD
CD atau Compact Disk merupakan jenis piringan optik yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data CD ditangani melalui sinar laser.

DVD
DVD atau Digital Video Disk merupakan teknologi piringan optik kedua setelah CD. DVD memiliki kelebihan dalam hal kapasitas penyimpanan yang lebih besar di banding CD, dan kecepatannya membaca lebih cepat ketimbang CD.

6. USB Flash Disk
Flash Disk merupakan peranti yang paling banyak digunakan oleh banyak orang karena dengan ukurannya yang kecil namun sudah memiliki kapasitas penyimpanan data yang sangat luar biasa besar.

7. Smart Card
Smart Card pada umumnya berupa kartu plastik yang dilengkapi dengan sebuah chip, dan pada chip inilah terdapat memori, prosesor, dan bahkan sistem operasi. Smart Card yang sering kita temui adalah Kartu ATM.

8. Kartu Memori
Kartu Memori disini merupakan suatu penyimpanan data yang sering kali di gunakan di handphone atau smartphone, dan biasanya untuk menunjang penyimpanan internal perangkat tersebut.

itulah 8 Macam Penyimpanan External Pada Komputer yang harus sobat ketahui, meskipun belum pernah menggunakan nya, minimal sobat mengetahui sejarah atau macam macam dari Penyimpanan External Pada Komputer yang pernah kita gunakan.

Mungkin hanya itu yang dapat kami bagikan, jika ada kesalahan maka sobat bisa meninggalkan komentar untuk memberi kami saran dan penilaian.
XIDNA Family

Memiliki Keingintahuan Yang Tinggi. Pantang Menyerah Sebelum Bisa. Ingin Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.

Lebih baru Lebih lama