Satuan Data Pada Sistem Komputer

Pada postingan kali ini kami akan membahas tentang Satuan Data Pada Sistem Komputer, banyak dari kita yang kurang mengetahui satuan data ini, padahal kita sudah sangat sering bertemu dengan satuan data ini, biasanya kita sering menemukan di penyimpanan smartphone kita.

Kita akan membahas dari bit, bit merupakan satuan data yang terkecil dalam sistem komputer ya sobat, bukan byte, untuk penjelasan lebih lanjut sobat baca sampai selesai.

Berikut adalah urutan yang ada pada satuan data, dimulai dari bit, byte, megabyte, gigabyte, terabyte, dan petabyte.

Untuk saat ini satuan data pada baru sampai petabyte ya sobat, jika sudah mengalami perkembangan lagi kami akan segera mengupdate artikelnya untuk sobat semua.

Satuan Ekuivalen Keterangan
byte 8 bit Untuk menyimpan karakter di sistem ASCII atau EBCDIC
kilobyte 1024 byte Awal PC memiliki memori sebesar 640 kb
megabyte 1024 kilobyte Memori Pc pada saat ini kisaran 64-256 mb
gigabyte 1024 megabyte Ukuran hard disk pada saat ini kisaran antara 200-500 gb
terabyte 1024 gigabyte Data base yang sangat besar
petabyte 1024 terabyte Penggunaan di masa mendatang

     Baca Juga : Menjadikan Handphone Android Menjadi Facecam Streaming

1. Byte
Byte merupakan satuan data yang digunakan untuk menyatakan sebuah karakter, contoh byte : pada sistem ASCII di nyatakan dengan byte, sebuah byte tersusun atas delapan bit.

2. Kilobyte
Kilobyte satuan data yang sangat sering kita jumpai pada kehidupan sehari hari, satuan ini sering di singkat menjadi KB, dan sering kali di jumpai pada ukuran ukuran gambar, yang memiliki ukuran berkas kecil.

Kilobyte memiliki hubungan dengan byte :
1 kilobytes = 1024 byte

3. Megabyte
Megabyte satuan data yang tidak kalah sering dijumpai, satuan ini sering disingkat menjadi MB, dan sering kita jumpai pada kapasitas lagu atau film yang memiliki ukuran berkas yang kecil.

Megabyte memiliki hubungan dengan kilobyte :
1 megabyte = 1024 kilobyte = 1.048.576 byte.

4. Gigabyte
Satuan jenis ini yang paling kita jumpai di kehidupan sehari hari, dan di sering disingkat menjadi GB dan banyak contoh nya ya, salah satu nya yang paling sering kita sebut adalah, RAM smartphone, dan kapasitas penyimpanan pada smartphone kita, biasa nya banyak yang bertanya, eh RAM smartphone nya berapa Gb?

Gigabyte memiliki hubungan dengan megabyte :
1 gigabyte = 1204 megabyte = 1.073.741.824 byte.

5. Terabyte.
Terabyte satuan data yang jarang sekali kita temui, kenapa ? karena terabyte merupakan satuan yang sangatlah besar, dan biasanya terdapat pada penyimpanan komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi yang tinggi. dan satuan ini sering di singkat menjadi TB.

Terabyte memiliki hubungan dengan gigabyte :
1 terabyte = 1024 gigabyte = 1.009.511.627.776 byte.

     Baca Juga : Cara Menghilangkan Tahun Dan Bulan Pada URL Blog.

6. Petabyte.
Petabyte pada saat ini belum di luncurkan dan jika di luncurkan maka hanya di aplikasikan pada hardisk komputer, petabyte bisa di singkat menjadi PB.

Petabyte memiliki hubungan dengan terabyte :
1 petabyte = 1024 terabyte.

Demikian postingan  Satuan Data Pada Sistem Komputer, jika ada kesalahan penulisan mohon meninggalkan komentar agar kami perbaiki dengan segera.
XIDNA Family

Memiliki Keingintahuan Yang Tinggi. Pantang Menyerah Sebelum Bisa. Ingin Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.

Lebih baru Lebih lama